Selasa, 26 Agustus 2014

DESAIN INTERIOR

1. PENGERTIAN
Desain berasal dari bahasa inggris
DESIGN yang berarti model/pola,
dalam dunia kesenirupaan disebut
dengan rancangan suatu karya seni
rupa dalam bentuk yang lebih
sederhana dari bentuk aslinya.
Semua benda dan bangunan di
sekitar Kamu merupakan karya
desain, baik dengan pendekatan
estetis, maupun pendekatan
fungsional. Istilah desain mengalami
perluasan makna, yaitu sebagai
kegiatan manusia yang berupaya
untuk memecahkan masalah
kebutuhan fisik.

2. FUNGSI DESAIN
Gambar desain dibuat untuk
mempermudah pengerjaan suatu
karya seni rupa

3. UNSUR DESAIN
Desain adalah karya rancangan
yang dibuat dengan cara di gambar,
oleh karena itu ada beberapa unsur
yang membentuknya. Unsur/elemen
tersebut antara lain;:
1. Garis/line
2. Bentuk/shape
3. Tekstur
4. Ruang/space/bidang kososng
5. Ukuran/size
6. Nilai/Value
7. warna

4. MEDIA DESAIN
Media desain adalah alat dan
bahan yang dipakai dalam
menggambar desain antara lain; alat
pembesar, busur derajat, tinta bak,
pena, bollpoint, tape, skala aturan,
media digital (cd/dvd), kertas, pensil
(batang mekanik), spidol, stensil
( cetakan hurup berlubang), tablet
image, scanner, printer, kertas cetak,
pewarna ( pensil warna, cat air, cat
poster, acrilic, pastel crayon )

5. TEKNIK/CARA MENGGAMBAR DESAIN
Desain merupakan rancangan
gambar yang dalam visualisasinya
memerlukan teknik/ cara, karena
berbentuk gambar yang dipakai tidak
jauh seperti teknik yang ada dalam
menggambar bentuk antara lain;
1. Teknik linear
Teknik menggambar dengan cara
menggunakan garis-garis baik garis
lurus maupun lengkung dll
2. Teknik blok/ silhouet
Menggambar dengan cara menutup
objek dengan menggunakan satu
warna
3. Teknik aquarel/transparan
Menggambar dengan cara sapuan
kwas yang tipis hingga hasilnya akan
tembus pandang, biasanya dipakai
untuk menggambar menggunakan
cat air
4. Teknik plakat
Menggambar dengan cara mewarnai
objek dengan sapuan warna yang
tebal baik menggunakan cat air
maupun poster hingga hasilnya
menutup/pekat
5. Teknik arsir
Menggambar dengan cara membuat
garis –garis miring atau sejajar
untuk membuat gelap terang.
6. Teknik pointilisnggambar dengan
menggunakan media gambar dengan
cara dititik-titikan untuk membuat
kesan gelap terang
7. Teknik dusel/gososk
Menggambar dengan menggosokan
pensil dimiringkan atau hasil arsiran
digosok menggunakan jari atau
kapas kain dll

6. CABANG/JENIS DESAIN
Cabang-cabang desain yang kita
kenal antara lain ada di bawah ini :
a. Desain Produk (Industrial
Design )
Desain produk adalah cabang seni
rupa yang berupaya untuk
memecahkan persoalan kebutuhan
masyarakat akan peralatan dan
benda sehari-hari untuk menunjang
kegiatannya, seperti : mebel, alat
rumah tangga, alat transportasi, alat
tulis, alat makan, alat kedokteran,
perhiasan, pakaian, sepatu,
pengatur waktu, alat kebersihan,
cindera mata, kerajinan, mainan
anak, bahkan perkakas pertukangan.
b. Desain Grafis/ Desain
Komunikasi Visual
Desain grafis adalah bagian dari
seni rupa yang berupaya untuk
memecahkan kebutuhan masyarakat
akan komunikasi rupa yang dicetak,
seperti poster , brosur, undangan,
majalah, surat kabar, logo
perusahan, kemasan, buku, dan
bhkan juga cerita bergambar (komik),
ilustrasi, dan karikatur,. Desain
grafis kemudian mengalami
perkembangan sejalan dengan
kebutuhan masyarakat. Kini cabang
seni rupa ini dikenal dengan nama
desain komunikasi visual dengan
penambahan cakupannya meliputi
multimedia dan fotografi.
c. Desain arsitektur
Terdapat dua pandangan yang
berbeda terhadap dunia arsitektur.
Yakni, pandangan yang
menempatkan arsitektur sebagai
bidang keahlian teknik
(keinsinyuran) dan pandangan yang
menempatkan arsitektur sebagai
bagian dari seni. Secara umum,
desain asitektur adalah suatu
kegiatan yang berupaya untuk
memecahkan akan kebutuhuhan
hunian masyarakat yang indah dan
nyaman. Seperti rumah tinggal,
perkantoran, sarana relaksasi,
stadion olah raga, rumah sakit,
tempat ibadah, bangunan umum,
hingga bangunan industri.
d. Desain interior
Desain Interior adalah suatu cabang
seni rupa yang berupaya untuk
memecahkan kebutuhan akan ruang
yang nyaman dan indah dalam
sebuah hunian, seperti ruang hotel,
rumah tinggal, bank, museum,
restoran, kantor, pusat hiburan,
rumah sakit, sekolah, bahkan ruang
dapur dan kafe. Banyak yang
berpandangan bahwa desain interior
e. Desain eksterior
Desain eksterior adalah suatu
cabang seni rupa yang berupaya
untuk memecahkan kebutuhan akan
lingkungan luar ruang yang nyaman
dan indah dalam sebuah hunian,
seperti taman dll
f. Sketsa
Sketsa adalah gambaran kasar
tentang sebuah karya yang akan
dibuat. Sketsa biasanya digunakan
untuk membuat rancangan seni lukis
atau seni patung.

7. PENERAPAN NIRMANA PADA DESAIN
Nirmana sangat penting dalam membuat desain apapun karena untuk menciptakan sebuah karya desain yang “indah” unsur-unsur dari pelajaran Nirmana ini mutlak
diperlukan. Bahkan secara tidak
sadar pun seorang desainer yang
memiliki bakat desain secara alami maupun otodidak telah
menerapkan Nirmana dalam
karyanya namun mungkin dia tidak
sadar akan hal itu.

1 komentar:

  1. Ok trims,
    Coba referensinya ditambah dengan pembuatan furniture mininya atau doll furniture, pasti tugas selanjutnya langsung mengalami kemudahan..

    BalasHapus